Cuman pengen Sharing pengalaman-pengalaman waktu jadi DM,....

apa yang membuat manusia kembali membalik setiap lembaran-lembaran cerpen hidupnya,..
menelusuri cerita-cerita masa lalu,..
menantikan kebaikan di setiap kata-kata,...
menempuh impian lewat catatan-catatan kecil,..



Kamis, 22 April 2010

Psoriasis Pustulosa





Psoriasis Pustulosa???,....apa ya??

Sebenarnya ini adalah varian dari Psoriasis Vulgaris atau bentuk klinis lain dari Psoriasis Vulgaris, hanya saja yang membedakan adalah pada effloresensinya,....jika kita lihat pada gambar, maka tampak pada permukaan kulit diliputi oleh pustula-pustula yang steril, dan sebagian sudah mengering.

Emm,....nanti akan ada sendiri penjelasan tentang Psoriasis Vulgaris,....banyak koq di Dr.Soetomo kasusunya,...
kalo sempet nulis ya,....

Pada pembahasan selanjutnya mengenai kasus ini hanya menjelaskan beberapa point-point penting berdasar pengalaman klinis dari -penulis- atau -saya- (hehehe) selama menjalani masa kepaniteraan di departemen Ilmu kesehatan Kulit dan Kelamin selama satu bulan,. mengenai penjelasan lebih lengkapnya silahkan baca di textbook dermatology yang ada.

Ilustrasi Case :

Pasien ini berusia perempuan 41 tahun,sudah menikah berasal dari kalimantan dan sengaja datang ke Surabaya untuk mengobati sakit kulitnya yang tidak kunjung sembuh. keluhan utamanya adalah timbul bercak kemerahan yang awalnya hanya di daerah lengan kedua tangan disertai nanah yang muncul beberapa hari kemudian sejak 3 bulan yang lalu. Dalam perjalanannya bercak meluas hingga ke seluruh tubuh juga disertai nanah. Selain itu pasien juga mengeluhkan panas badan, meriang, mual dan kondisi badan yang lemah. Sebelumnya tidak pernah menderita penyakit yang serupa. dari keluarga juga tidak pernah sakit seperti ini.
Pada pemeriksaan fisik secara umum kondisinya lemah namun kesadaran masih baik (GCS 456), didapatkan suhu yang afebris. selain itu vital sign dalam batas normal.

Status dermatologis :
Regio seluruh tubuh, makula eritematus batas tidak tegas dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi tepi tidak meninggi, diatasnya terdapat pustule yang sebagian sudah pecah menjadi krusta, pus (+), sebagian makula juga tertutup skuama.

Pemeriksaan Penunjang:

-Untuk planning diagnosis kami usulkan pemeriksaan DL,UL,LFT,RFT,dan Albumin. Kenapa Albumin perlu diperiksa??karena pada pasien ini seluruh tubuh tertutup nanah walaupun sebagian sudah mengering. Kita tahu bahwa isi dari nanah tersebut adalah sebagian protein. Maka kami khawatir terjadi loss protein yang dapat membahayakan pasien.
-Kita usulkan juga pemeriksaan Gram Staining, dan juga biopsi.

Diagnosa :

-Psoriasis Pustulosa,.....(ini manut senior aja,....kami para DM cuma observasi,....hehe,...soalnya kasusnya langka).
kita DD dengan Varicella, Pemvigus Vulgaris, dan Impetigo. (koq bisa???klinisnya bang,..kan kayak ada krusta2 gitu, kayak vesikel atau bula yang baru aja pecah)

Terapi :

Nah sekarang terapinya,....sesuai dengan instruksi PPDS nya, terapi awal :

-Paracetamol 3 x 500 mg,.....bisa dipahami karena pasien mengeluh panas.
-Mebhidrolin napadisilat 3x50 mg,p.o,.........kulit yang tertutup skuama apalagi ada nanah yang sudah mengering sudah jelas membuat pasien mengeluh gatal. Maka pemberian Anti histamin sebagai pilihannya.
-Asam folat 3x1tablet. (kenapa make As.Folat ya???gak tahu,..ini terapi dokter PPDSnya waktu itu, ditanya gak jawab).

NB: sebenarnya saya agak kurang setuju dengan pemberian asam folat, asam folat memang diberikan pada pasien-pasien penderita Psoriasis. tetapi pengobatan sistemik dengan As.Folat ini hanya diberikan pada kasus2 Psoriasis dimana lesinya terbatas atau belum meluas. Nah,sedangkan pada kasus ini lesi sudah hampir mengenai seluruh tubuh. Maka sesuai dengan teori2 bahwa untuk lesi yang luas sebaiknya digunakan Methotrexate(MTX). Gak tahu ya, kalo saya dokternya mungkin langsung diberi MTX karena lesinya udah luas. atau memang karena pengalaman klinis yang kurang. Mengenai pemberian MTX, langsung saja saya memberikan cara yang menurut para Ahli cukup baik,(sebetulnya ada dua cara),...males nulisnya,...kalo aku dokternya maka Dosis MTX yang diberikan adalah 5 mg/12 jam selama 3 kali dalam seminggu(paham gak?). Lalu diulang lagi seperti ini, sampai klinis membaik. Nah selama tidak meminum MTX maka pasien diberi Tab.As.Folat 3x1 hari, as.folat gunanya untuk counter effect efek samping dari MTX. selama meminum MTX tidak boleh meminum As.Folat.

eits,...tetapi ada Syaratnya lo minum MTX:-nilai RFT dan LFT harus normal (makanya kita usulkan pemeriksaan ini tadi,...hehehe)

-satu lagi terapi yang mungkin diberikan adalah infus Albumin. (kalo aku dokternya aku berikan ini soalnya lesi seluruh tubuh dengan nanah, sudah bisa diperkirakan kalau kadar Albuminnya turun).

penjelasan mengenai Psoriasis Vulgaris,...ada nanti menyusul,....hehe makasih semoga bermanfaat,...siapa juga yang baca,...hahaha!!!gak pa2 koleksi pribadi,...

2 komentar:

vinatics mengatakan...

aduh.. kasus ujianku psoriasis vulgaris...
aku jg ngasih mtx.. trus tu konsulen pake nanya knp ga di gabung aja sm steroid,,?
yaaa.. abis kasusnya kronik residif.. dan udah generalisata... ya ga si?

Sunny Mariana mengatakan...

wah, kalo psoriasis vulgaris mending ga usah di kasi steroid oral, ntar malah bisa nyebabin eritrodermi..

Posting Komentar